5 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Unik Di Dunia

5 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Unik Di Dunia

5 Jenis Ikan Hias Arwana Paling Unik Di Dunia

Beberapa hari lalu saya menulis sebuah artikel yang berjudul jenis-jenis ikan hias air tawar. Kali ini saya akan membahas jenis-jenis ikan arwana sebagai penambah pengetahuan kamu.

Sebagaimana yang telah dijelaskan kemarin, ikan arwana adalah jenis ikan yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Ini disebabkan karena ikan arwana memiliki warna sisik yang mempesona.

Nama latin dari ikan arwana adalah Scleropages sp, sering juga disebut sebagai ikan naga. Karena sisik-sisik ikan ini menyerupai kulit naga. Berikut ini saya rangkum jenis-jenis ikan arwana dari berbagai dunia.

Arwana Merah

Ikan arwana jenis ini banyak tersebar di berbagai sungai di Kalimantan Barat, terutama di sungai Kapuas dan danau Sentarum yang disebut sebagai habitat dari ikan arwana merah. Ketika masih muda, warna merah akan nampak pada sirip, bibir dan sungut. Baru setelah dewasa warna merah akan menutupi seluruh tubuhnya.

Arwana merah dikelomopokan menjadi empat jenis/varietes, yaitu Arwana Merah Darah (Blood red), Arwana Merah Orange (Orange Red), Arwana Merah Cabai (Chili Red) dan Arwana Merah Emas (Gold Red).

Arwana Golden Red

Arwana Golden Red merupakan varietes dari ikan Arwana golden. Arwana ini juga disebut sebagai Arwana Golden Indonesia/Indonesia Golden Arwana. Habitat Arwana Golden Red berada di daerah Pekan Baru, Sumatera. Warna ikan arwana ini berbeda dengan arwana golden, dimana warna emasnya hanya sampai pada baris ke empat sisiknya.

Arwana Golden Pino

Populasinya banyak ditemukan di negara-negara Asia, sperti Indonesia, Thiland, Kamboja, Myanmar dan Malaysia. Keindahan dari jens ikan arwana ini adalah warna hijau sisiknya yang membaluti tubuhnya. Salah satu ciri Arwana ini dengan jenis lain adalah ukuran kepala dan mulutnya yang lebih besar.

Arwana Banjar

Ikan Arwana Banjar berasal dari daerah Pontianak. Di daerah asalnya, ikan ini disebut sebagai ikan siluk sirip merah. Jenis ini di kelompokan ke dalam arwana merah kelas dua. Meskipun masuk dalam kelas dua, arwana ini tetap memiliki pesonanya sendiri.

Warna orange/kuning pada ekor dan siripnya, tetap menarik perhatian para pecinta ikan hias di Indonesia. Jika dilihat sepintas, ikan Arwana Banjar mirip dengan arwana merah muda. Tak jarang, banyak orang yang terkecoh jika baru pertama kali melihatnya.

Arwana Brazil/Silver

Sesuai namanya arwana ini berasal dari negara Brazil. Namun kamu tidak perlu jauh-jauh kesana karena di Indonesia sudah bisa dibudidayakan dan diperjualbelikan. Bentuk tubuh dari arwana Brazil sangat berbeda dengan jenis arwana lainnya, di mana ikan ini memiliki tubuh yang panjang, bisa mencapai 50-60 cm. Begitu pula dengan siripnya yang panjangnya mulai dari bagian tengah hingga ujung ekor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *