Cara Budidaya Ikan Bawal

Cara Budidaya Ikan Bawal

Cara Budidaya Ikan Bawal

Cara budidaya ikan bawal tergolong mudah dan hampir sama dengan Budidaya Lele Organik Di Kolam Terpal tidak perlu pengalaman khusus yang penting adalah ketekunan dan kegigihan kita dalam berternak ikan.

Seperti kita ketahui bawal adalah predator ikan air tawar yang banyak orang bilang berasal dari salah satu sungai di amazon di negera brazil. Bentuk dari ikan ini hampir mirip dengan ikan pemangsa piranha yaitu memiliki badan yang pipih dengan warna abu-abu perak di atas badanya dan juga di padu dengan warna orange di bagian bawah badannya.

Ciri lain dari ikan ini adalah memiliki lubang hidung yang terbilang besar di padukan dengan gigi tajam has ikan carnivora pada umumnya. Ikan bawal umumnya lebih suka hidup bergerombol dengan makanan utamanya adalah udang, siput, katak, dan beberapa jenis ikan-ikan kecil di bawah ukuran tubuhnya.

Ikan karnivora ini lebih disukai oleh beberapa peternak ikan karena memiliki banyak poin dalam membudidayaannya seperti budidaya Budidaya Lele Sangkuriang Di Kolam Terpal yaitu pemeliharaan yang mudah, cepat besar dan mudah dipasarkan. Selain itu juga ikan bawal memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap perubahan suhu air jadi tidak terlalu khawatir apabila suhu di daerah kita berubah dengan drastis.

1. Persiapan awal

Dalam tahap persiapan awal cara Budidaya Ikan Bawal adalah mempersiapkan beberapa bahan dan alat pendukung untuk budidaya ikan bawal di kolam terpal. Beberpa alat yang kita siapkan bisa seperti Terpal , Alat hisap dan buang air , Pipa , lem pipa. Beberapa alat ini bisa di gunakan untuk persiapan pembuatan di kolam terpal apabila ingin membuat kolam buatan dari besi atau kayu tinggan tambahkan persiapan untuk membuat kolam tersebut seperti pemotong bambu dan beberapa paku untuk membuat kolam dengan batasan kayu. atau sekrup / las / pemasang skrup apabila akan memakai kolam besi yang bisa bongkar pasang.

2. Persiapan Lahan Budidaya

Persiapan selanjutnya adalah persiapan untuk lahan budidaya si ikan. Ada beberapa opsi untuk memilih lahan budidaya ikan bawal yaitu lahan besar bagi kalian yang memang memiliki lahan besar agar bisa menampung banyak bibit ikan bawal. Bisa juga lahan terbatas seperti pekarangan rumah atau lahan terbatas di tempatmu. Persiapkan lahan dengan baik seperti apabila ingin menggunakan kerangka bambu atau besi untuk kolam terpal alangkah baiknya di buat dengan baik dan rapih agar tidak ada rembesan air atau kebocoran dalam kolam terpal yang nanti akan kita budidayakan bawal di dalamnya.

3. Persiapan Benih / Bibit

Tahap selanjutnya adalah persiapan benih. Dalam persiapan benih sebetulnya hampir sama dengan persiapan bibit pada ikan lainya yaitu siapkan bibit unggul untuk ikan bawal. Biasanya ukuran bibit ikan bawal sekitar 5 – 8 cm. Selain itu juga usahakan bibit di usahakan agar di karantina terlebih dahulu selama kurang lebih 2-3 hari agar benih bisa beradaptasi terhadap lingkungan baru.

4. Persiapan pakan Ikan

Selanjutnya adalah persiapan terhadap pakan ikan bawal. Sebetulnya untuk persiapan ini mencakupi hanya membeli pakan ternak yang bisa di beli di toko yang menyediakan pakan untuk ikan bawal berikut juga dengan beberapa makanan pendukung seperti vitamin atau yang lainnya. Bisa juga kita mempersiapkan makanan organik ataupun tumbuhan yang memang disukai oleh ikan bawal.

5. Langkah pembuatan kolam

Masuk kedalam tahap pembuatan kolam , disini kita buat kolam dengan ukuran yang cukup untuk memadai jumlah bibit ikan bawal. Ukuran yang biasa di pakai adalah 7×10 meter dengan kedalaman air 110-140cm yang biasanya cukup untuk menampung 3500 ekor benih bawal. Untuk ukuran dan kedalaman bisa kembali di sesuaikan dengan jumlah bibit yang akan kita

6. Langkah membuat saluran air masuk

Langkah selanjutnya adalah saluran air masuk , disini kita membuat saluran air masuk yang memiliki fungsi sebagai pengairan utama bagi si kolam . Baik dalam pengairan awal ataupun nanti ketika sudah panen ataupun pergantian air . Dalam membuat pengairan saluran air masuk sebetulnya bisa flexibel sesuai dengan sumber air yang akan di buat. Apabila kolam berada di kaki gunung akan lebih mudah membuat saluran air masuk dengan membuat jalur air masuk dari sumber air menggunakan pipa ataupun bisa berupa jalur coran tembok. Akan tetapi apabila memang berasal dari penyedia air pemerintah atau lainnya bisa menggunakan pompa air dan selang/pipa yang di arahkan kedalam kolam yang sudah kita siapkan tadi.

7. Langkah membuat fasilitas kolam

Langkah selanjutnya adalah fasilitas kolam , untuk tahap ini tidak perlu terlalu di perhatikan karena fasilitas kolam hanya untuk penunjang kolam ataupun penunjang kita dalam memelihara ikan bawal atupun dalam nanti memanen ikan bawal. Fasilitas yang bisa kita sediakan adalah seperti tempat pemberi pakan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

8. Tahap pengendapan

Ditahap ini kita di haruskan untuk mengendapkan beberapa ramuan khusus untuk membuat pakan organik / alami untuk benih ikan bawal. Caranya dengan cara memasukan tanah dan kotoran hewan kedalam karung dengan di lubangi di setiap jarak 8-10 cm menggunakan paku. Lalu masukan kedalam kolam dan usahakan si karung yang berisi tanah dan kotoran hewan berada di dalam air dan tenggelam. Setelah itu biarkan selama 3-4 hari agar di dalam kolam tumbuh plankton-plankton yang merupakan pakan alami dari ikan yang membuat ikan merasa berada di dalam habitatnya sendiri.

9. Tahap Pengisian air

Lanjut kedalam tahap selanjut yaitu langkah pengisian air awal bagi kolam , disini isi kolam dengan air menggunakan jalur pengisian air yang sudah kita siapkan. Isi air kedalam kolam sesuai kedalaman yang sudah di siapkan yaitu kurang lebih antara 110-140cm . Atau bisa juga sesuaikan dengan jumlah benih yang akan kita tebar nanti. Perlu di perhatikan soal suhu yang akan di masukan kedalam kolam , usahakan suhun sedang kolam yang biasa di gunakan budidaya banyak ikan.

10. Tahap penebaran benih

Tahap penebaran benih adalah tahap yang paling mudah yaitu cukup tebar benih kedalam kolam yang sudah kita siapkan. Masuka benih yang sudah di karantina di kolam lain kedalam kolam yang sudah berisi plakton yang sudah kita siapkan tadi secara perlahan. Masukan benih ikan bawal secara bertahap agar si ikan tidak stres dalam pemindahan kolam.

11. Pemberian Pakan ikan

Masuk dalam tahap pemberian pakan , untuk awal pembenihan biarkan ikan-ikan tidak di beri makan selama 2 hari karena ikan bawal akan makan plankton-plankton yang sudah kita siapkan di kolam yang sudah kita siapkan tadi. Apabila sudah terlihat bahwa si ikan bawal kelaparan untuk benih awal berikan 1-2x sehari dengan jumlah yang sedikit agar si benih tidak kelaparan.

12. Perawatan Ikan

Dalam tahap perawatan ikan disini kita hanya di haruskan untuk melihat dengan jeli untuk keadaan air dan juga kondisi si ikan. Jangan sampai air kolam kita terkontaminasi zat atau cairan yang bisa membawa penyakit ataupun racun bagi ikan kita. Selain itu juga apabila menemukan ikan yang terjangkit penyakit atau parasit akan lebih baik pisahkan dengan ikan lainnya.

13. Pemberian vitamin dan makanan pendukung

Disini kita diharuskan memberikan vitamin ataup makanan pendukung yang bisa membantu pertumbuhan ikan bawal untuk tumbuh lebih cepat ataupun memiliki bobot yang berat. Vitamin dan makan pendukung ini bisa di beli di toko ataupun tempat pakan hewan ternak ataupun ikan di kota kalian .