Daftar Ikan Hias Terunik Di Dunia

Daftar Ikan Hias Terunik Di Dunia

Daftar Ikan Hias Terunik DiDunia

Ikan hias memiliki kelebihannya sendiri, lihat saja warnanya yang beragam dan bentuknya yang enak dilihat. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara sendiri di rumah, dan di aquarium.

Bahkan di Indonesia sendiri, ada sekitar 363 jenis ikan hias yang kini telah diekspor ke berbagai negara di dunia. Tetapi ikan hias air tawar ini tidak hanya dipelihara saja, kini banyak juga orang yang membudidayakannya dan menjadikannya salah satu peluang bisnis.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan yang satu ini sudah menjadi ikan yang populer di Indonesia, dengan warnanya yang beragam dan cantik ikan ini memang paling banyak dipilih untuk dipelihara. Ikan cupang mudah dijumpai di beberapa pasar tradisional. Buat kamu yang ingin memelihara ikan cupang, jangan pernah menyatukan 2 ikan di 1 tempat yang sama.

Karena selain termasuk pada jenis ikan hias air tawar, ikan cupang juga merupakan ikan aduan. Lalu bagaimana membedakan ikan jantan dan ikan betina, kamu tinggal perhatikan saja bentuk tubuhnya. Ikan cupang biasanya memiliki gerak yang lamban, dan menunjukkan keanggunannya dengan cara mengibaskan sirip dan ekornya yang cantik.

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra biasanya memiliki daya tariknya tersendiri, ia sering disebut sebagai ikan bule. Ciri khas dari ikan neon tetra ini adalah corak warnanya yang seperti menyala di kegelapan. Ikan neon tetra ini berasa dari daerah Amazon, sirip punggung ikan yang satu ini sangat lembut dan berwarna biru terang di sepanjang tubuhnya.

Di bagian perut ikan neon tetra warnanya putih, sedangkan untuk bagian pangkal ekor ke atas warnanya merah menyala. Sedangkan untuk bagian siripnya biasanya lebih transparan, dan ukuran tubuhnya kecil sekali. ukuran paling besar dari ikan neon tetra adalah 3 cm saja.

Ikan Molly Balon

Ikan Molly Balon

Ikan molyy balon merupakan jenis ikan hias air tawar yang tidak asing lagi bagi para pecinta ikan, mengapa disebut ikan molly balon karena bentuknya bulat menyerupai balon. Ikan ini memiliki sifat sangat bersahabat, sehingga cocok disatukan dengan jenis ikan hias lainnya yang juga memiliki sifat bersahabat.

Jika anda memelihara ikan molly di akuarium, maka tak perlu akuarium yang besar karena ukuran ikan ini juga kecil dan ukuran maksimalnya 12 cm. Ikan molly betina ukurannya lebih besar dari molly jantan. Molly termasuk jenis omnivore atau pemakan segala, karena ia suka semua jenis makanan dari mulai pelet sampai cacing rambut.

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan hias berikutnya adalah ikan guppy, ikan ini disebut sebagai jenis ikan hias tawar yang paling cantik. Guppy memiliki ukuran sirip yang besar, dan corak warnanya yang cantik. Di Indonesia ada sekitar 40 jenis ikan guppy, yang bisa kamu pelihara. Ukuran ikan guppy sekitar 2,3-5 cm saja.

Cara membedakan ikan guppy jantan dan betina adalah melalui siripnya, guppy jantan biasanya memiliki bentuk sirip yang lebih lebar dan warnanya lebih mencolok. Sedangkan guppy betina warnanya lebih kusam. Warna pada ikan guppy bervariasi, mulai dari warna kuning, hijau, merah, biru dan kombinasi warna lainnya yang membuatnya tampak indah.

Ikan Harimau Sumatera

Ikan Harimau Sumatera

Seperti namanya ikan yang satu ini memiliki corak seperti binatang harimau, ikan harimau sumatera ini memang banyak ditemukan di pulau sumatera. Tetapi dibalik nama dan corak warnanya yang unik, sayangnya ikan harimau sumatera ini semakin langka dan sulit ditemukan.

Ikan Sepat Hias

Ikan Sepat Hias

Ikan hias tawar tercantik yang berikutnya adalah ikan sepat hias, ikan hias yang satu ini masih berkerabat dengan ikan gurame. Keunikan dari ikan sepat hias ini adalah kumis sirip yang panjang dan corak warnanya yang sangat khas.

Ada beberapa jenis ikan sepat hias yaitu ikan sepat bintik pelangi, ikan sepat albino, ikan sepat yellow dan ikan sepat blue. Ikan sepat merupakan jenis ikan hias yang sulit dibudidayakan, sehingga harga ikan hias air tawar ini lebih mahal di pasaran. Karena tingkat keberhasilan dari budidaya ikan sepat ini memang lebih kecil.

Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan yang berasal dari Negeri Jepang ini merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tidak pernah sepi pembeli. Ikan koi juga memiliki banyak varietas misalnya corak dan warnanya yang beragam, sehingga ikan koi ini menjadi primadona di antara ikan hias air tawar lainnya.

Menurut orang Jepang ikan koi ini adalah simbol dari kasih sayang dan cinta. Akan tetapi kebanyakan pecinta ikan hias akan memilih jenis ikan koi jenis bastar, karena warna pola di tubuhnya lebih indah dibanding jenis ikan koi lainnya.

Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki varietas terbanyak di dunia, yang dapat dilihat dari segi warna, bentuk dan juga ukuran. Ikan ini juga memiliki banyak keunikan, diantaranya yaitu perutnya yang buncit, corak dan warnanya yang unik, matanya yang besar, dan ekornya yang panjang.

Alasan pecinta ikan memilih ikan mas koki untuk ikan hias peliharaan mereka, adalah bentuknya yang sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan terkadang bentuknya sulit digambarkan saking uniknya bentuk dari ikan mas koki ini.