Deskripsi Ikan Hias Botana Biru

Deskripsi Ikan Hias Botana Biru

Botana biru dapat ditemukan di samudra hindia dan samudra Pasifik baguan barat, yang berkisar hasil di Afrika Timur ke Laut Andaman, Christmas Island, dan Bali di Indonesia.

Botana Biru adalah ikan penghuni lingkungan laut dangkal, terumbu karang pesisir pulau di kedalaman 0-25 meter. Ini biasanya dijumpai di rataan terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. Ia hidup sendirian atau bentuk agregasi besar yang memakan bersama-sama.

Botana Biru adalah spesies sensitif dan hanya dapat direkomendasikan untuk aquarists laut profesional dengan akuarium besar. Tidak seperti banyak spesies ikan karang lainnya, ikan ini memiliki wilayah yang besar di alam liar (dari beberapa puluh hingga beberapa ratus meter persegi) maka dari itu akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di akuarium.

Hindari pembelian spesimen ini jika ada tanda-tanda stress, sakit atau cedera, karena perawatan mereka sangat sulit apalagi bila kita harus membuat mereka sehat kembali. Contoh tanda-tanda seperti robek sirip, sesak napas, menggaruk pasir atau karang secara berlebihan, dan kekurusan. Bahkan jika spesimen Anda tampaknya sehat, selalu disarankan untuk melakukan karantina sebelum Anda mencampurkannya ke akuarium dengan ikan lain, karena Botana Biru sangat rentan terhadap penyakit, terutama White Spot.

Melakukan aklimasi karantina ikan baru sebuah sebuah akuarium karantina selama minimal dua minggu tidak akan hanya melindungi ikan lain, juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengobati tanda-tanda penyakit dan memberikan kesempatan ikan untuk memulihkan kondisinya tanpa terganggu oleh ikan lain.

Botana biru harus diletakan pada akuarium yang besar, karena ikan ini adalah dan merupakan perenang yang kuat. Sebuah spesimen cukup kecil dapat dipelihara di ukuran akuarium yang tidak terlalu besar, disarankan ukuran panjang akuarium harus melebihi 6 kali dari panjang tubuhnya, misal anda memiliki Botana Biru dengan panjang tubuh 10cm minimal anda memerlukan panjang akuarium 60cm atau lebih, karena dengan akuarium yang panjang, akan membuat Botana Biru dapat berenang dengan bebas.

Kondisi air akuarium harus stabil dan dalam kondisi yang sesempurna mungkin disesuaikan dengan kebutuhan Botana Biru tersebut, sebelum Anda menambahkan Botana Biru. Tunggu sampai Anda memiliki akuarium dengan banyak lumut karena Botana Biru adalah jenis ikan herbivora. Akuarium harus berisi banyak Live Rock. Akuarium terumbu adalah akuarium yang baik untuk memelihara Botana Biru karena Botana Biru hidup di daerah rataan terumbu.

Botana Biru adalah spesies yang cukup damai dengan spesies lainya tetapi akan agresif terhadap spesies yang sama jenisnya. Hindari memelihara ikan yang mirip dengan Botana Biru secara fisik, sikap bahkan makanan seperti contohnya Botana Kaca Mata. Hal ini paling aman untuk menahan ikan dari perkelahian.

Botana Biru sangat sensitif terhadap sampah organik dan tingkat amonia, nitrit dan nitrat sehingga harus dijaga pada level sangat rendah. Amonia dan nitrit harus disimpan pada tingkat non-terdeteksi dan jumlah nitrat tidak boleh melebihi 10 ppm.

Kondisi Air harus hangat, idealnya sekitar 27C – 29C. Jaga nilai pH dalam kisaran 8,2 – 8,4. Tidak seperti spesies Botana lainnya, Botana Biru tidak dapat mengatasi dengan baik nilai-pH dibawah 8.2. Specific gravity yang direkomendasikan adalah 1,020-1,025.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *