Ikan Hias Air Tawar Terkeren

Ikan Hias Air Tawar Terkeren

Berbagai Macam Ikan Hias Air Tawar Terkeren

Mengenal Jenis Ikan Arwana, Harga, & Ciri-cirinya - Tirto.ID

Ikan Hias Air Tawar Terkeren. Banyak sekali ikan hias yang ada, serta membuat mata kita jatuh cinta terhadap ikan tersebut dengan jenis berbeda – beda.

Pastinya harus sudah menjadi pengetahuan umum jika negara Indonesia ini merupakan salah satu negara dengan biodiversitas tertinggi. Sudah tidak heran lagi jika spesies ikan hias air tawar yang dimiliki negara ini sangat banyak.

Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui tentang pengertian dari ikan hias. Untuk ikan hias merupakan salah satu jenis ikan, baik hidup di air laut ataupun air tawar yang tujuan dari pemeliharaannya hanya untuk hiburan dan memperindah dekorasi dalam ruang ataupun luar ruangan. Pemeliharaan ikan hias bukan untuk di konsumsi.

Tentunya bagi pecinta ikan hias dengan kehadiran dari ikan hias di dalam suatu ruangan. Pastinya akan menjadi satu alternatif dari kegiatan yang sangat padat serta rutinas yang sangat membosankan sekali.

Sudah pastinya ikan hias hadir dengan warna sisik cantik nan menggemaskan. Selain itu, jika dipelihara dengan tepat di dalam aquarium, bisa menambah suasana alam di dalam ruang tamu. Dari pada kalian makin kebingungan mari kita bahas secara bersama – sama.

Jenis – Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Akan Membuat Kalian Jatuh Cinta

Seperti biasa kami di bawah ini akan memberikan beberapa ikan hias yang keren, di antaranya adalah :

Ikan Araipama

Ikan Araipama ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Nama latin dari ikan ini adalah Araipama gigas. Nama lain dari ikan Araipama adalah Pirarucu dan Paiche.

Perlu di ketahui ikan ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Ukuran dari tubuh ikan ini bisa mencapai panjang 2,5 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram. Araipama masih satu keluarga dengan ikan Arwana yang cukup populer di kalangan pecinta ikan wilayah Asia Tenggara.

Ikan Arwana

Pastinya seseorang para pecinta ikah hias pasti mempunyai koleksi dari ikan Arwana di dalam aquariumnya. Sehingga, menjadikan ikan Arwana sangat populer, terutama di wilayah Asia khususnya Indonesia. daya tarik ikan Arwana terletak pada kecantikan sisiknya.

Perlu kalian ketahui juga nama latin dari ikan Arwana ini adalah cleopages sp. Bisa juga disebut dengan ikan naga atau dragon fish, Saratoga, barramundi, kelesa, pla tapad, kayangan, siluk, peyang, arwana, dan tangkelese.

Bala Shark

Memang meskipun ikan ini di beri nama Bala Shark, tapi ikan yang satu ini tidaklah ganas karena ikan ini bukan berasal dari tipe preadator. Kalian bisa tetap memeliharanya di dalam aquarium dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Untuk ciri khas yang di miliki ikan Bala Shark adalah warna tubuhnya perak dengan garis hitam pada bagian ekor, punggung, sirip, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Ikan hias ini memiliki mata yang besar yang berfungsi untuk mendapat makanan. Panjang dari Bala Shark bisa mencapai 35 cm atau 14 inchi.

Perlu kalian ketahui juga untuk habitat asli dari ikan Bala Shark ini ada di sungai – sungai yang sangat dalam sekali. Ikan ini mengonsumsi krustacea kecil, fitoplankton, larva kecil, serangga, rotifer serta masih banyak lagi.

Ikan Belida

Untuk nama latin dari ikan predator yang satu ini adalah Notopetrus chitala H.B. ikan ini mudah ditemukan di wilayah Indonesia dan juga sebagian negara-negara Asia Tenggara lain. Ikan Belida biasa ditemukan pada anak sungai yang dekat rawa seperti di Sumatera, Kalimantan, dan juga Jawa Barat.

Ikan Belinda ini merupakan salah satu ikan karnivora. Meskipun bisa di jadikan ikan hias, tapi juga bisa dikonsumsi. Rata-rata berat badan ikan belida adalah 1,5 hingga 7 kilogram. Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa ikan Belida memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga butuh aquarium yang lapang serta memiliki pasokan oksigen yang cukup besar.

Memang sangat beragam sekali ikan hias yang di miliki oleh Indonesia ini. Bagi kalian yang menyukai ikan hias bisa coba untuk mempelihara ikan yang berada di atas.

Itulah beberapa ikan hias air tawar. Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca juga ikan hias air laut.