Ikan Hias Oscar

Ikan Hias Oscar

Ikan Hias Oscar

Ikan oskar merupakan ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh pecinta ikan baik luar negri maupun dalam negri. Selain penampilannya yang cantik dan menarik, ikan ini juga mudah dipelihara. Ikan oskar merupakan ikan yang berasal dari daerah Amerika Selatan.

Ikan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan gurame, gerakannya lambat dan tenang, tetapi ikan oskar memiliki gabungan warna yang menarik. Oskar memiliki warna dasar coklat tua atau coklat muda serta agak kekuning-kuningan bercampur merah tua.

Di bagian pangkal ekornya memiliki warna merah tua yang menutupi sepertiga tubuhnya dan terlihat seperti lukisan. Maka dari itu ikan oskar ini terlihat indah dan anggun.

Selain itu, ada type oskar yang unik, yaitu oskar albino. Seperti namanya, oskar albino ini memiliki warna krem pucat seperti pasien albino serta mempunyai bercak-bercak merah oranye di tubuhnya.

Ikan Hias Oscar

Untuk bentuk badan dan sifatnya sama dengan oskar yang lain, hanya warnanya saja yang membedakan. Namun, Ikan oskar memiliki intelegensia yang cukup cerdas. Dia akan berenang menuju ke pinggir akuarium apabila pemiliknya memberikan sinyal dengan tangan.

Selain itu, ikan ini memiliki sifat setia dengan pasangannya serta suka bergerombol. Karena memiliki sifat sosial, jadi dalam satu akuarium bisa dimasukan 6 sampai 8 ekor.

Ukuran akuarium yang digunakan harus memiliki ukuran yang besar minimal 60 X 40 X 40 cm. Ikan oskar merupakan ikan yang rakus, oleh karena itu akuarium akan cepat kotor karena kotoran yang dikeluarkan juga banyak. Jika akuariumnya besar tidak perlu terlalu sering menguras airnya.

Pemilihan oskar jantan dan oskar betina untuk beberapa peternak ikan hias yang belum berpengalaman memang masalah yang sedikit susah. Bagi peternak lamapun terkadang masih dapat meleset dalam memastikan jenis kelamin ikan ini terutama pada oskar yang masih muda.

Jika kalian sudah mengetahui rahasianya tidak terlalu susah untuk mengetahui jenis kelamin ikan ini. Pedomannya, ikan jantan bisa diketahui dari siripnya yang semakin besar atau agak lebar. Sedangkan pada betina, siripnya memiliki bentuk membundar. Dalam soal warna, oskar jantan cenderung memiliki warna yang jelas.

Tiger Oscar
– Red Tiger Oscar
– Albino Tiger Oscar
– Albino Red Oscar
– Gold Oscar
– Half Back Oscar
– Long Fin Oscar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *