Jenis Ikan HIas Ikan Palmas (Ikan Naga)

Jenis Ikan HIas Ikan Palmas (Ikan Naga)

Jenis Ikan HIas Ikan Palmas (Ikan Naga)

Ikan Palmas atau binchir ini termasuk ke dalam jenis ikan predator. ikan eksotis yang mirip mahluk jaman purba ini merupakan salah satu ikan hias yang banyak dikoleksi. Ikan predator yang senang berburu pada malam hari ini senang berada di dasar akuarium. Oleh karenanya substrat berupa pasir sangat disarankan pada tank atau akuarium. Ikan Palmas ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di luar air selama beberapa waktu. Ikan yang mampu berjalan dengan siripnya ini memiliki banyak jenis. Jenis jenis ikan palmas ini diantaranya yaitu:

ikan yang sering disebut ikan naga ini memiliki sepasang paru-paru primitif dan kantung kemih, yang memungkinkannya menghirup udara dari permukaan air secara berkala. Ikan naga sering naik ke permukaan untuk tujuan ini. Selama kulit tetap lembab, seperti dikatakan sebelumnya ikan naga bisa tetap berada di luar air untuk jangka waktu yang hampir tidak terbatas.

Barred birchir atau delhezi ini berasal dari Kongo Afrika dengan ukuran bisa mencapai 35 cm. Ukuran akuarium di sarankan 120cm x 45cm x 37.5cm (200 liter). Substrat pasir halus dengan potongan kayu apung dan batu yang dibentuk sebagai tempat persembunyian sangat disarankan.

Akuarium untuk memelihara ikan Palmas Delhezi ini sebaiknya memiliki tutup karena ikan ini pandai melompat. Delhezi ini merupakan ikan carnivora alias jenis ikan predator dan biasanya tidak akan menerima makanan kering di akuarium, meskipun ada beberapa bisa dilatih untuk mengkonsumsi pelet. Makanan yang paling cocok adalah pakan hidup atau makanan beku seperti udang, cacing tanah, kerang, cacing darah dll. Ikan palmas delhezi ini merupakan salah satu yang paling populer.

Untuk tankmate selama ikan itu tidak muat dimulutnya ikan palmas bisa bersifat damai. Tank mate yang cocok diantaranya yaitu spesies Polypterus lainnya, Synodontis, Datnoides, Balida alias/knife fish.

Saddled Bichir (Polypterus endlicheri endlicheri)

Polypterus endlicheri ini merupakan salah satu spesies Palmas yang terbesar. Ukurannya bisa mencapai lebih dari 50 cm bahkan hingga 75cm . Ikan palmas jenis ini berasal dari Afrika. Kepalanya kecil dan seperti kadal dengan mulut menganga besar dan mata kecil di kedua sisinya. Karena penglihatannya buruk, ikan palmas mengandalkan penciuman. Hal ini dimungkinkan dengan tonjolan lubang hidungnya yang mampu mendeteksi bau mangsanya.

Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)

Ikan Palmas ini merupakan satu-satunya sub spesies endlicheri , Congo bichir ini merupakan jenis ikan Palmas yang terbesar . Ia mampu tumbuh hingga panjang 1,2 meter , ikan palmas “raksasa” ini memiliki rahang yang dapat menghancurkan dan merobek mangsanya dalam waktu singkat. Yang membedakanya dengan Saddled Bichir (p endlicheri endlicheri) ialah jumlah marking belang pada tubuhnya.

Gray bichir ( Polypterus senegalus )

Gray bichir ini mempunyai ukuran maksimum sekitar 35 cm. Merupakan jenis yang paling populer dan banyak ditemukan dipasaran. Yang cukup diminati juga ialah dari jenis albino. Senegal ini termasuk ke dalam “upper jaw” bichir, artinya bahwa bichir jenis senegalus ini memiliki bibir atas yang lebih panjang dari bibir bawah.

Polli bichir (Polypterus palmas polli)

Polli bichir ini atau polli palmas adalah satu-satunya spesies palmas yang dapat ditemukan di sungai Great Kongo , dan juga palmas paling mudah dibedakan dibedakan dalam sub spesies p.palmas, memiliki ciri warna coklat zaitun dengan rona kehijauan dan pola berbintik-bintik gelap/kusam.

Polypterus mokelembembe (Mokèlé-mbèmbé bichir)

Dinamai dengan makhluk ” Mokele-mbembe ” yang kabarnya merupakan jenis dinosaurus yang masih hidup di hutan hujan Kongo , namanya diberikan secara harfiah berarti ” salah satu yang menghentikan aliran sungai “. Digambarkan terakhir 2006, Mokele-mbembe adalah tambahan terbaru untuk keluarga bichir , tetapi juga yang paling primitif di antara semua bichirs hingga saat ini.

Lapradei Bichir (Polyterus bichir lapradei)

Lapradei bichir adalah sub spesies Polypterus bichir. Penampilan ikan Palmas Lapradei ini sangat mirip dengan ikan Palmas Nile / Nile Bichir. Keduanya memiliki marking pola garis pararel mulai dari kepala hingga ke ekor. Yang membedakannya hanya jumlah sirip/duri dorsal. Lapradei ini memiliki jumlah duri yang lebih sedikit.

Cross River bichir (Polypterus teugelsi)

Jenis bichir yang berwarna coklat kemerahan berasal dari aliran sungai lintas di Kamerun dan merupakan salah satu spesies bichir yang paling elegan dan berwarna unik.