Jenis-Jenis Ikan Hias Manfish

Jenis-Jenis Ikan Hias Manfish

Jenis-Jenis Ikan Hias Manfish

Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang cukup populer karena keindahannya. Angel Fish atau dikenal dengan nama lain Manfish ini aslinya berasal dari perairan Amazon dan termasuk ke dalam family cichlid.

Ikan ini walaupun tampak damai, tetapi ikan manfish ini akan lebih agresif terhadap sesama jantan terutama setelah berumur 8-12 bulan. Merekan akan dengan saling menggigit mulut (jaw-locking). Walaupun pada manfish gigitan tersebut tidak mematikan seperti ikan cichlid lain yang berukuran besar.

Ikan manfish (Pterophyllum) berasal dari Cekungan Amazon, Cekungan Orinoco dan berbagai sungai di Guiana Shield di kawasan tropis Amerika Selatan. Ikan manfish ini memiliki tubuh yang sangat ramping dengan sirip atas dan bawah yang sangat panjang.

Bentuk tubuh ini memungkinkan mereka untuk bersembunyi di antara akar tanaman. Garis vertikal ditubuhnya sangat membantu sebagai penyamaran, karena ikan ini adalah ikan ambush predator yaitu ikan predator yang suka menyergap tiba-tiba mangsanya yaitu ikan dan serangga kecil.

Uniknya ikan ini adalah monogami yaitu hanya memiliki satu pasangan. Ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur yang diletakkan diatas kayu /akar yang terendam ataupun daun yang rata.

Prerophyllum scalare atau freshwater angelfish di catatkan pertama oleh F. Schultze pada tahun 1824. Pterophyllum berasal dari bahasa Yunani dari kata pteron yang artinya sirip atau layar dan phyllon yang artinya daun.Pada tahun 1906, J. Pellegrin mencatatkan jenis P. altum. Dan pada tahun 1963, jenis P. leopoldi dicatatkan oleh J. P. Gosse.

Banyak ikan bisa hidup bersama dalam satu komunitas bersama ikan manfish ini diantaranya saja ikan gurami, beberapa jenis barbs yang tidak agresif , dwarf cichlids (ram cichlid, dll) , sapu sapu , loaches /botia dan beberapa lainnya.

Silver Manfish

Silver manfish memiliki warna tubuh keperakan dengan mata berwarna merah jenis ini paling menyerupai ikan manfish yang hidup di alam liar. Tiga garis hitam vertikal melintang di tubuhnya. Garis ini bisa memudar atau gelap bergantung kepada mood si ikan.

Zebra Angelfish

Ikan zebra manfish memiliki empat sampai enam garis vertikal mirip dengan silver manfish hanya beda di jumlah strip.

Gold Angel Fish

Sifat genetik angelfish emas bersifat resesif, dan menyebabkan tubuh emas terang dengan warna kuning atau oranye gelap pada bagian kepala ikan. Tidak memiliki garis hitam vertikal atau mata merah yang terlihat pada ikan manfish di alam liar.

Leopard Manfish

Saat masih muda ikan leopard manfish memiliki bintik-bintik di sebagian besar tubuh mereka. Sebagian besar bintik-bintik ini makin merapat pada saat ikan dewasa.

Smokey Manfish

Jenis ikan manfish dengan warna ikan bagian belakang berwarna abu-abu gelap kecoklatan dan sirip punggung dan sirip yang gelap

Gold Pearlscale

Pearlscale juga disebut diamond manfish oleh sebagian kalangan karena memiliki kilauan seperti permata pada sisiknya. Sisiknya memiliki tampilan kusut bergelombang yang memantulkan cahaya untuk menciptakan efek berkilau. Mutiara berkembang perlahan, dimulai sekitar usia sekitar 9 minggu.