Manfaat Ikan Hias Palmas Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Hias Palmas Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Hias Palmas Bagi Kesehatan

Ikan palmas termasuk dalam famili Polypteridae yang tergolong unik. Dia tidak berenang cepat dengan sirip dan ekornya, tapi ikan ini mampu berjalan di dasar air menggunakan siripnya. Kalau dilihat-lihat, memang lebih tampak seperti perpaduan ular dengan buaya. Jenis kelaminnya dapat dibedakan dengan melihat lebar dari sirip anus, yang jantan hampir 2 kali lebar sirip anus palmas betina. Panjang rata-rata tubuhnya sekitar 30 cm.

Ikan palmas termasuk golongan karnivora, pakannya berupa ikan kecil, atau daging-dagingan lain seperti daging udang. Pada saat breeding palmas jantan dapat bersatu dengan si betina, dengan seperti itu dapat menghasilkan sperma dan telur-telur dikeluarkan oleh si betina, setelah dibuahi biasanya dapat menetas dalam waktu 4 hari. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat dari ikan palmas, adalah sebagai berikut

Rendah Lemak

Lemak yang terkandung di dalam ikan palmas tergolong rendah. Maka dari itu, ini sangat cocok bagi yang sedang melakukan program diet sehat.Meskipun begitu namun kebutuhan gizi serta nutrisi anda tetap terpenuhi, sehingga tidak menyebabkan kekurangan asupan yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada pada ikan palmas mampu menjaga kesehatan mata anda, maka dari itu cobalah mengonsumsinya minimal satu kali dalam seminggu. Selain itu juga dapat mengobati mata lelah akibat kelelahan berada di depan komputer atau membaca buku dalam waktu yang cukup lama serta iritasi indera penglihatan.

Membantu Proses Oksidasi Tubuh

Ikan palmas memiliki kandungan vitamin B kompleks, meskipun kadarnya tergolong kecil namun tetap saja bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti membantu proses oksidasai.Selain itu juga mampu memproses energi yang masuk ke dalam tubuh.

Mengandung Fosfor

Kandungan fosfor yang terdapat pada ikan palmas tidak kalah pentingnya dengan kalsium yang ada didalamnya, yaitu sama-sama bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang agar strukturnya kokoh serta tidak mudah patah. Maka dari itu konsumsilah ikan ini.

Menambah Masa Otot

Didalam daging ikan palmas ini ternyata mengandung protein yang dapat memberi manfaat menambah masa otot. Cocok sekali buat yang suka fitnes agar tubuhnya mudah terbentuk dan sispek. Bisa ditingkatkan makan palmas ini paling tidak tiga kali dalam seminggu. Selain itu sangat baik untuk pertumbuhan.

Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada pada ikan palmas akan sangat baik untuk mencegah anemia yang diakibatkan oleh kekurangan darah. Pada umumnya dapat menimbulkan gejala seperti rasa pusing, mual, tubuh yang terasa lemas, serta rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu anda perlu mengonsumsi palmas ini untuk meminimalisir terjadinya resiko tersebut.

Mengandung Omega 3

Dengan mengonsumsi ikan palmas maka anda akan menambah asupan omega 3 dalam tubuh yang bermanfaat menutrisi serta mencerdaskan otak. Selain itu juga sangat penting untuk mengurangi risiko melahirkan prematur dan dapat membantu meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan.

Mengandung Vitamin D

Struktur tulang dan gigi anda akan terjaga kesehatannya, semakin kokoh tidak mudah patah karena didalamnya terdapat vitamin D yang dapat mencukupi kebutuhan asupan yang ada pada tubuh manusia. Selain itu juga dilengkapi oleh kalsium serta fosfor yang berasal dari palmas tersebut.

Mencegah Penyakit Maag

Rutin mengonsumsi ikan palmas setiap hari dapat mencegah sakit maag. Dengan itu lambung anda tidak akan terkikis dan luka karena tidak ada makanan yang masuk. Selain itu juga dapat meningkatkan nafsu makan, sebab dagingnya lezat rasanya. Maka dari itu pilihlah palmas ini sebagai tambahan menu makanan harian anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *