Mengenal Ikan Hias Badut (Ikan Nemo)

Mengenal Ikan Hias Badut (Ikan Nemo)

Mengenal Ikan Hias Badut (Ikan Nemo)

Ikan Nemo atau yang biasa disebut sebagai dengan ikan badut atau ikan giru banyak yang digemari oleh masyarakat terutama dikalangan anak-anak, itu karena karakter Ikan nemo dalam film yang berjudul “finding nemo” sangat lucu, menarik dan perkasa sehingga ikan nemo menjadi salah satu ikan hias laut yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Ikan nemo adalah ikan hias laut yang lucu, jinak, selalu berpenampilan cantik dan mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini rata-rata berwarna cerah, kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman, memiliki tubuh yang lebar dan dilengkapi dengan mulut yang kecil. Secara alami kehidupan ikan nemo selalu berada dalam radius kurang lebih 1 meter dari anemon, karena keduanya membentuk simbiosis mutualisme.

Ikan Nemo mendapatkan sumber-sumber makanan dari sekitar anemon, dan sebaliknya anemon mendapat bahan makanan dari kotoran (feces) Ikan nemo. Anemon juga memberikan perlindungan yang efektif dengan menghasilkan substansi toksin/racun yang berbahaya bagi musuh-musuh Ikan nemo. Anemon juga dimanfaatkan Ikan nemo sebagai breeding ground yaitu untuk meletakan dan melindungi telur-telurnya dari ancaman pemangsa.

Habitat Ikan Nemo

Ikan nemo merupakan ikan karang tropis yang hidup diperairan hangat pada daerah terumbu karang dengan kedalaman kurang dari 50 cm dan berair jernih. Daerah penyebarannya meliputi Samudra pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma) Dan Great Barrier Reef Autralia.

Ikan nemo adalah ikan yang mempunyai penyebaran relatif luas, terutama didaerah Indo Pacific. Salah satu jenis yang diketahui endemic adalah Amphiprion bicinctus. Di alam Ikan nemo memilih anemon tertentu untuk dijadikan rumahnya, salah satu contoh adalah Amphiprion ocellaris lebih memilih anemon karpet dibandingkan dengan anemon lain.

Jenis – Jenis Ikan Nemo

Amphiprion Changosensis

Ikan badut Chagosensis merupakan ikan nemo yang paling banyak ditemukan di Samudra Hindia, dan sebagian kecil ditemukan di perairan Indosnesia. Ikan ini memiliki ukuran tubuh antara 10-18 cm dengan warna dasar orange, merah, kuning, merah kehitam-hitaman serta 2 corak putih pada tubuhnya. Di setiap corak putih, ada tepian yang bewarna coklat muda hingga hitam dan semua siripnya bewarna coklat kehitaman.

Amphiprion Sebae

tidsak jauh berbeda dengan ikan nemo lainnya, jenis ini bisa hidup dengan anemon duri punggung sekitar 10-11 duri. Untuk warna, ikan ini mempunyai warna hitam atau coklat tua dengan warna kuning pada kedua sirip dada dan sirip ekornya.

Kemudian dilengkapi corak warna putih. Di pasaran, ikan nemo ini sering tertukar dengan Amphiprion polumnus dan Amphiprion clarkii. Hal ini karena ketiganya sangat sulit untuk dibedakan. Amphiprion sebae adalah salah satu jenis ikan nemo yang mudah temukan di sebelah utara Samudra Hindia.

Oranye clownfish (Amphiprion percula)

Secara umum Ikan nemo jenis ini lebih banyak dikenal dan lebih familiar dikalangan pecinta ikan karena sudah bisa dibudidayakan di dalam akuarium. Meskipun begitu, dalam pemiliharaannya ikan nemo jenis ini merupakan jenis ikan yang rumit dan membutuhkan ketelatenan yang tinggi ketika dibudidayakan. Meskipun begitu rumit, banyak para kolektor yang ingin sekali memeliharanya, gerakannya yang lincah dan warnanya yang cerah menjadi alasan utama dan daya terik tersendiri bagi pecintanya.

Morfologi Ikan Nemo

Bentuk tubuh bulat
Umumnya ikan nemo berwarna kuning, merah, putih, hitam dan oranye
Mempunyai motif garis pada bagian badan
Sisinya relatif besar dan mempunyai sirip dorsal yang sangat unik
Mempunyai motif garis yang menyala pada bagian badan
Ikan nemo pada umumnya terlahir sebagai pejantan dan ikan nemo akan merubah jenis kelaminnya ketika sudah dewasa
Ukuran maksimal ikan nemo 10-18 cm.

Klasifikasi Ikan Nemo

  • KINGDOM : ANIMALIA
  • Fium : Chodata
  • Sub-Filum : Vertebrata
  • Class : Actinopterygii
  • Family : Fomacentridae
  • Ordo : Perciformes
  • Super-Class : Osteichthyes
  • Sub-Class : Neopterygii
  • Sub-Ordo : Labroidei
  • Genus : Amphiprion
  • Spesies : Amphiprion percula