Mengenal Ikan Hias Manfish

Mengenal Ikan Hias Manfish

Mengenal Ikan Hias Manfish

atau dikenal juga dengan Angel fish merupakan ikan hias yang berasal dari perairan Amazon. Ikan ini tergolong kedalam famili chiclidae yang sudah melegenda di dunia ikan hias. ikan ini menjadi lambang ikan hias karena namanya sudah mendunia. Beberapa jenis manfish yaitu manfish diamond, manfish imperial, manfish marble dan manfish black-white.

Bentuk tubuh ikan manfish seperti segitiga dan busur anak panah. gaya berenangnya yang elegan membuatnya dikenal dengan sebutan angelfish. Karakter ikan yang gemar bergerask zigzag ini cukup tenang, bahkan saat gugup karena belum beradaptasi diakuarium. ikan ini dapat dicampur dengan ikan apapun asalakan bukan ikan tipe predator yang suka mengejar ikan lain.

Manfish Diamond (Berlian) > berwarna perak mengkilat sampai hijau keabuan. pada bagian kepala atas terdapat warna kuning hingga coklat kehitaman yang menyusur sampai bagian punggung.
Manfish Imperial > mempunyai warna dasar perak tetapi tubuhnya dihiasi empat buah garis vertikal berwarna hitam/coklat kehitaman.
Manfish Marble > memiliki warna campuran hitam dan putih yang membentuk garis vertikal.
Manfish Black-white > mempunyai warna hitam menghiasi separuh tubuhnya bagian belakang dan warna putih menghiasi separuh bagian depan termasuk kepala.

Habitat asli ikan manfish dari perairan Amazon, Brazil, columbia dan Peru di wilayah Amerika selatan. Ikan Manfish hidup diperairan air tawar (pH 6 – 8) yang tenang arus airnya dan punya banyak tanaman air. Suhu air ideal untuk manfish berkisar 24 – 30 dejat celcius.Ukuran ikan manfish bisa mencapai panjang 7,5 cm

Beberapa pembudidaya meletgakan tanaman air dipermukaan sebagai pelindung ikan dari sinar matahari langsung. Air yang digunakan untuk membudidayakan ikan manfish sebaiknya air tanah yang telah diendapkan terlebih dahulu. Pemberian methilen blue diperlukan ketika tempat pemeliharaan pada akuarium, sedangkan jika pada kolam permanen yang berukuran besar biasanya tidak dilakukan.

Ikan manfish merupakan pernang cepat sehingga sulit di tangkap pada perairaqn luas. Biasanya ikan manfish berenang secara bergerombol baik jantan maupun betina. jika dipelihara di akuarium tidak terlihat berenang secara cepat karena luas tempat yang sempit.

Ikan manfih yang dipelihara dikolam permanen dengan ukuran besar akan berenang secara bergerombol dan sangat cepat, sehingga untuk melakukan penangkapan biasanya dilakukan pada malam atau pagi hari. Ketika dipelihara di akuarium ikan manfish yang bergerombol cenderung lebih menyukai beraktifitas dipojok-pojok akuarium.

Manfish dikenal sebagai induk yang baik bagi anak-anaknya. mereka akan menjaga dan merawat anak-anaknya hingga mampu hidup mandiri. namun untuk alasan bisnis sebaiknya penetasan telur dan pembesaran benih dilakukan dibak khusus, tidak dicampur dengan induknya. dengan demikian induk bisa berproduksi lagi dalam waktu yang relatif singkat. Ikan ini mulai terlihat agresif terhadap sesamanya setelah berumur 8 – 12 bulan dengan saling menggigit mulut (jaw-locking) seperti banyak dilakukan ikan siklid lain yang berukuran raksasa