Mengenal Ikan Komet (Carassius auratus)

Mengenal Ikan Komet (Carassius auratus)

Mengenal Ikan Komet (Carassius auratus)

Ikan Komet (Carassius auratus) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi pecinta ikan hias. Bukan hanya itu saja, sudah banyak yang berawal dari sekedar hobi kemudian mengkomersilkannya.

Hal ini dikarenakan ikan komet memiliki warna yang indah dan eksotis serta bentuk dan gerakan yang menarik, dan dikenal sangat jinak karena dapat mudah hidup berdampingan dengan jenis ikan lain bila berada didalam satu tempat, karena sifatnya yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, ikan ini dapat dipelihara di hampir semua tempat di dunia asal saja tempatnya bersih dan sehat.

Ikan komet merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer saat ini, keunggulan ikan komet adalah pada warna yang terdapat pada ikan tersebut yang bermacam-macam seperti putih, kuning, merah, atau perpaduan lain dari warna-warna tersebut.

Mengenal Ikan Komet

Hal inilah yang membuat ikan komet memiliki nilai daya jual yang tinggi, sehingga banyak orang yang berusaha memperoleh keuntungan yang tinggi. Budidaya ikan hias ini tidak sulit, modalnya kecil dan seluruh anggota pun bisa dilibatkan, tidak membutuhkan lahan yang luas, modal utamanya justru keterampilan atau teknik budidaya yang harus terus ditingkatkan.

Mengenal Ikan Komet

Ikan Komet termasuk dalam famili Cyprinidae dalam genus Carassus. ikan komet merupakan salah satu jenis dari Cyprinidae yang banyak dikenal di kalangan masyarakat karena memiliki warna yang indah dan eksotis serta memiliki bentu tubuh yang menarik dan unik.

Kedudukan ikan komet di dalam sistematika menurut Goernaso (2005) adalah sebagai berikut :

  • Filum : Chordata
  • Kelas : Pisces
  • Sub kelas : Teleostei
  • Ordo : Ostariphisysoidei
  • Sub ordo : Cyprinoidea
  • Famili : Cyprinidae
  • Genus : Carassius
  • Spesies : Carassius auratus

Kebiasaan hidup di alam Ikan Komet aslinya hidup di sungai, danau, dan lain lambat atau masih menggerakkan tubuh air di kedalaman sampai dengan 20 m. Di habitat aslinya ikan Komet tinggal di iklim subtropis dan lebih suka air tawar dengan pH 6,0-8,0, dengan kesadahan air sebesar 5,0 _ 19,0 DGH, dan rentang temperatur 32-106 F (0 – 41 C).

Makanan ikan satu ini terdiri dari krustasea, serangga, dan bahan tanaman. Namun ikan komet bertelur pada vegetasi air. yang hudup di sungai-sungai, danau, kolam, dan saluran dengan air tergenang dan lambat mengalir. Pemakan termasuk tumbuhan, krustasea kecil, serangga, dan detritus.

Mengenal Ikan Komet

Ikan Komet hidup lebih baik dalam air dingin dan bertelur pada vegetasi terendam. Ikan Komet merupakan ikan euryhaline yang mampu hidup pada salinitas 17 ppt, tetapi tidak mampu bertahan lama pemaparan diatas 15 ppt (Anonim, 2009).

siklus ikan komet dimulai dari perkembangan di dalam gonad (ovarium pada ikan betina yang menghasilkan telur dan testis pada ikan jantan yang menghasilkan sperma). Sebenarnya pemijahan ikan Komet dapat terjadi sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim. Namun, di habitat aslinya, ikan Komet sering memijah pada awal musim hujan, karena adanya rangsangan dari aroma tanah kering yang tergenang air.