Ikan Botia

Ikan Botia

Ikan botia yang merupakan salah satu ikan kebanggaan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Dapat ditemui di perairan batang hari jambi dan sungai barito di kalimantam yang karakteristik perairannya. Sesuai dengan habitat ikan botia yang menyukai perairan tenang, gelap dan suka bersembunyi tapi ia tidak menyukai adanya lumpur.

Ikan Choromobotia macrachantus yang berasal dari beberapa DAS di Sumatera dan Kalimantan. Penyebaran benih ikan Choromobotia macrachantus di daerah banjiran sepanjang sungai Batang Hari mulai dari terusan sampai ke londerang pada musim penghujan. Penyebaran induk ikan Choromobotia macrachantus mulai dari Muara Tembesi sampai Dusun Teluk Kayu Putih Kabupaten Tebo. Habitat ikan ini banyak dijumpai di perairan yang tenang. Ikan Choromobotia macrachantus hidup di dasar perairan.dan ikan ini yang aktif mencari makan pada malam hari.

Ikan hias Choromobotia macrachantus termasuk yang bukan hanya banyak digemari di Indonesia namun juga banyak di gemari di manca Negara tetangga. Ikan Choromobotia macrachantus termasik ikan dari family Cobtidae. Dari beberapa ikan botia jenis yang banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morleti, botia india, dsbg.

Ikan Choromobotia macrachantus yang berasal dari Indonesia adalah ikan botia macan dan ikan botia badut. Namun ikan botia yang banyak dikenal dikalangan pecinta ikan dan banyak di impor ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.

Ikan Choromobotia macrachantus banyak digemari pecinta ikan karena bentuknya yang lucu, agak bulat memanjang dan agak pipih kesamping, tidak bersisik. Dengan bentuk mulut agak ke bawah (semacam torpedo) dengan empat pasang antena atau sungut diatasnya.

Ciri Khusus Choromobotia macrachantus

Ikan Choromobotia macrachantus berwarna kuning cerah dengan 3 garis lebar berwarna hitam (Satyani et al., 2007). Habitat ikan Choromobotia macrachantus di perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya. Ikan ini juga merupakan nokturnal yaitu aktif melakukan kegiatan mencari makan di malam hari.

Banyak orang yang memanfaatkan ikan Choromobotia macrachantus selain untuk berbisniss dimanfaatkan juga sebagai ikan hias. Karena warna dan keindahannya ikan ini banyak di minati oleh banyak orang khusunya di Indonesia.

Di alam bebas ikan ini dapat mencapai ukuran 30 – 40 cm sedangkan di akuarium dapat mencapai panjang maksimal hanya 11 – 14 cm saja. Berhubugn diaquarium volume tempatnya yang terbatas. ikan Choromobotia macrachantus betina dapat mencapai berat 80 gram setelah dewasa. Sementara jantannya dapat mencapai 40 gram. Umur ikan Choromobotia macrachantus termasuk panjang. Usianya dapat mencapai umur 20 tahun.

Baca juga Ikan Hias Air Laut Sangat Terkenal

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.