Ikan Corydoras

Seputar Ikan Corydoras

Corydoras merupakan genus terbesar dari ikan neo-tropis, dengan jumlah lebih dari 142 spesies. Habitat ikan ini banyak ditemukan di sungai-sungai yang besar maupun sungai-sungai yang kecil. Ikan Corydoras suka menghuni daerah dasar sungai atau kolam, ikan ini mencari makan di dasar pasir, krikil bebatuan atau detritus.

Ikan hias corydoras terkenal pula dengan julukan ikan tikus, mengapa? Sebab cara ikan ini berenang memang nampak seperti tikus-tikus yang sedang berjalan. Memelihari ikan ini juga perlu pengaturan suhu, suhu yang ideal untuk ikan tikus ini adalah antara 24-28 °C.

Ikan ini akan senang apabila aquarium atau kolam yang digunakan dibuat mirip dengan habitat aslinya seperti di sungai Amazon. Ikan ini menyukai aquarium yang pasir sehingga bisa memakan sisa-sisa makanan yang berada di dasar aquarium.

Biasanya ikan ini memakan hewan-hewan serangga yang tinggal dibawah sungai larva serangga dan beberapa jenis cacing. Ikan ini juga dapat makan beberapa sayuran. Walaupun ikan corydoras bukanlah jenis ikan picovores (pemakan ikan), ikan ini dapat memakan daging ikan-ikan yang telah mati. Cara makan ikan ini adalah mencari bagian bawah melalui sungut sensoriknya dan selanjutnya menyedot makanan yang disukai dengan mulut.

Ikan satu ini dapat naik ke permukaan, dan tingkat moncong mereka diats air sesaat untuk bernafas di udara. Cara bernapas ini merupakan hal yang normal, jadi bukan kelainan. Ikan ini mempunyai kemampuan untuk menghirup udara atsmosfer hingga batas tertentu. Ikan ini mempunyai usus yang sangat vascularised untuk membantu dalam penyerapan oksigen.

Kemampuan adaptasi ini menyebabkan ikan ini mampu bertahan hidup. Akan tetapi, jika pernafasan di permukaan sering dilakukan secara berlebihan, itu merupakan indikator bahwa kondisi air kurang sehat untuk ditinggali.

Demikian informasi singkat terkait jenis ikan hias air tawar yang bernama Corydoras. Harapan kami, semoga info singkat ini dapat menjadi bahan bacaan ringan bagi kawan-kawan yang ingin memiliki aquarium atau kolam ikan. Demikian, salam hangat dan tetap semangat.

Baca juga Mengenal Ikan Watchman Gobies

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.